Salah satu perusahaan di Jepang bernama GMO Internet memiliki upaya yang cukup unik untuk menggaji karyawan yaitu dengan Bitcoin mata uang virtual. di beberapa negara peredaran Bitcoin memang dilarang namun tidak di jepang.

Perusahaan itu mengatakan bakal memberikan gaji berupa Bitcoin. langkah ini adalah upaya membantu dalam memberikan pemahaman soal cryptocurrency, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Senin (18/12/2017).

GMO Internet merupakan perusahaan yang bergerak di bidang bisnis seperti periklanan, finansial, dan infrastruktur internet. Perusahaan ini juga telah mulai memperdagangkan dan melayani pertukaran Bitcoin pada Mei tahun ini.
Perusahaan tersebut kini bakal menggaji karyawannya dengan nilai bayaran mencapai 100.000 yen atau USD890. Sementara penggajian dengan menggunakan Bitcoin bakal dimulai pada Februari 2018.

Meski demikian, gaji dengan menggunakan Bitcoin ini hanya bersifat pilihan. Artinya karyawan masih bisa diperbolehkan untuk menerima gaji dengan mata uang yang sah.

“Karyawan dapat menerima gaji dengan Bitcoin jika mereka mau,” kata juru bicara perusahaan Harumi Ishii. “Kami berharap dapat meningkatkan literasi mata uang virtual kami sendiri dengan benar-benar menggunakannya,” imbuhnya.

Sementara itu ada lebih dari 4.000 karyawan GMO Internet yang akan memutuskan apakah mereka ingin menerima sebagian dari gaji mereka dengan Bitcoin atau tidak.